Kamis, 28 Desember 2017

BUKAN REMAJA, TAPI PEMUDA

Saat sengaja saya mencari referensi mengenai siapa sih sebetulnya pemuda itu? adakah perbedaan antara remaja dan pemuda? apabila ada apakah benar saya termasuk pemuda? Alias jangan-jangan saya hanya termasuk remaja, bukan pemuda Pulsa Axis?
Akhirnya, Allah mempertemukan saya dengan buku yang berjudul "Psikologi Pemuda", cocok banget kayaknya, InsyaAllah dapat menjawab pertanyaan saya.
Begini, dalam buku itu dijelaskan bahwa, nyatanya pemuda bukanlah remaja? Pemuda tidak lagi remaja. Lalu apa bedanya antara pemuda dan remaja?
"Jadi, remaja dan pemuda itu tidak sama," tulis Sirot Fajar, sang penulis buku itu, "Itu sebabnya, Psikolog dari universitas Texas di Dallas, Jon W. Santrock, dalam bukunya Life-Span Development membedakan antara remaja dan pemuda. Remaja adalah transisi antara anak-anak dan masa dewasa dan pemuda adalah masa dewasa awal."
Lebih lanjut beliau menyimpulkan pendapat ahli Psikolog Kenneth Kenniston, bahwa remaja adalah usaah untuk mendefisinikan dirinya, dan pemuda ialah adanya perjuangan antara membangun pribadi yang mandiri dan terkesan dengan cara sosial.
mudeng? apa makin puyeng?
Begini lho, ibarat mau membangun rumah, kami kan wajib memilih tipe rumah yang mau kami buat. Mulai dari bentuknya, ciri-cirinya, konsepnya dan tetek bengek lainnya. yang jelas inilah masa pencarian tipe rumah semacam apakah yang mau dibangun. Nah, masa-masa inilah disebut masa remaja; pencarian jati diri, mau kemana saya melangkah.
Dan pemuda adalah ibarat saat kami telah nentuin tipe rumah yang mau dibangun, katakan saja tipe rumah minimalis, tidak terlalu luas tapi menyenangkan, model bangunannnya dengan tampilan yang mutakhir, dan lain-lain. maka sekarang kami mulai membangun rumah semacam yang kami tentuin jenisnya tadi. Maka awal-awal pembangunan inilah yang disebut masa pemuda. Disaat inilah manusia mulai mandiri memenuhi apa saja yang diperlukan dalam bagian pembangunan. Maka disisnilah manusia mulai mandiri dengan cara sosial dan ekonomi.
Saat terbiasa dengan pembangunan diri, pemuda bakal mulai terlibat dalam ranah sosial. ia bakal timbul dan terkesan dalam lingkup sosial. Apabila saat remaja ia tidak sempat gotong royong, maka saat menjadi pemuda ia lebih menyadari untuk ikut dan dalam faktor itu. Mengapa demikian? Sebab pemuda mulai punya keputusan yang mandiri, punya kesadaran sosial. Beda dengan remaja, disuruhpun terkadang sulit untuk berpatisipasi dalam sosial, sebab terbukti dirinya belum punya keputusan sendiri, belum sepenuhnya menyadari bahwa ia bagian dari Pulsa dengan Paypal lingkup sosial. Maka termasuk manakah Engkau, remaja alias pemuda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar