Kamis, 14 Desember 2017

MASALAH BELAJAR REMAJA

MASALAH BELAJAR REMAJA


Masa remaja adalah masa dimana kepribadian anak berkembang dengan cara psikis maupun fisik. Pada masa ini, remaja lebih menyukai Lagu Terbaru faktor – faktor yang bersifat duniawi daripada mengerjakan faktor – faktor yang lebih berguna. Pada masa ini pula, seorang remaja mulai mempunyai pola pikir tak sama dengan anak anak, umpama tutorial berpakaian yang modis agar terkesan baik dimata lawan jenis. Faktor ini pastinya menjadi salah satu penyebab adanya persoalan dalam belajar. Padahal, pada masa remaja ini adalah masa yang sangat produktif untuk menciptakan karya yang nantinya bakal menjadi barometer bagi orang lain pada masa yang bakal datang.
Problem/ persoalan belajar remaja pada umumnya terus kompleks. Faktor ini bisa dilihat dari perilaku remaja yang lebih memperhatikan gadget daripada keadaan lingkungan kurang lebih. Serta itu adalah salah satu problem belajar yang sangat biasa terjadi pada remaja masa kini. Lalu, apa saja persoalan belajar yang dialami oleh remaja masa kini? Berikut ulasanya.
1.    Malas.
Menurut survey, faktor yang paling umum terjadi dilingkungan kurang lebih dalam proses belajar adalah persoalan rasa malas. Persoalan malas ini menjadi faktor yang wajib diperhatikan dengan cara intensif bagaimana tutorial mengatasi malas ini. Rasa malas muncul akibat tak adanya motivasi untuk belajar, jadi terus tak sedikit remaja masa saat ini yang malas dalam faktor belajar dikarenakan tak lebihnya motivasi. Maka, butuh ditingkatkan pula motivasi belajar semacam untuk siapa kami belajar? Untuk apa kami belajar? Apa kegunaaan dari belajar? Serta apa saja yang wajib diperbuat saa belajar? Menjadi titik dimana motivasi belajar untuk remaja butuh ditingkatkan.
2.    Tak bisa mengatur waktu
Tidak sedikit anak remaja yang waktunya lebis dipakai untuk organisasi daripada untuk kegiatan belajar disekolah, umpama kegiatan OSIS, Pramuka, PMR, serta lain lain yang bisa menyebabkan tak lebihnya semangat dalam belajar serta lebih mementingkan organisasi. Bakal namun, berorganisasi juga penting, sebab bisa melatih jiwa sosial kita. Meskipun demikian, wajib diperbuat sesuai dengan waktunya. Apabila terbukti ketertarikan dalam organisasi masih dalam batas wajar serta tak mengganggu pelajaran disekolah.
3.    Tak berminat pada pelajaran
Salah satu persoalan belajar remaja adalah ketidak berminatan pada pelajaran. Pastinya, faktor yang apabila diperbuat sebab terpaksa tak bakal menghasilkan kebaikan bakal namun justru menjadi persoalan besar dari sisi psikis kepada pelajaran yang tak diminati. Ini pastinya bisa dihindarkan dengan jalan memilih SLTA alias Perguruan Tinggi yang sesuai dengan jurusan yang diminati. Umpama, apabila ketertarikan pelajaran Sosial, maka memilih jurusan yang berkaitan dengan IPS, bukan pelajaran IPA. Ini bisa menjadi faktor penentu kedepan bakal menjadi apa kamu dimasa yang bakal datang.
4.    Suka bermain gadget/game/komputer
Semacam yang sudah disampaikan diawal, bahwa gadget sangat berpengaruh kepada proses belajar seorang remaja. Biasanya, remaja lebih tak jarang memakai gadgetnya hanya untuk sekedar bermain facebook, twitter, dll serta lebih jarang memakaiya untuk mencari info melewati internet. Penyebab ini, terus tak bisa dihindarkan lagi akibat akibat dari globalisasi yang terus merajalela. Sebetulnya gadget alias jalan masuk internet lain sangat berperan apabila dipakai untuk mencari info yang penting, umpama tutorial membikin pupuk kompos. Maka, yang butuh diperbuat adalah mengurangi peran gadget yang tak lebih berguna untuk kegiatan yang lebih berguna.
Demikian ulasan mengenai berbagai persoalan belajar remaja. Persoalan tersebut sebetulnya bisa ditanggulangi dengan peran orang tua dirumah, serta guru disekolah. Bagaimanapun Video Youtube, orang tua menjadi penentu sikap remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar